Jumat, 16 Juli 2010

FOREX


Foreign Exchange market ( FX market ) atau pasar valas adalah suatu pasar keuangan yang memperdagangkan atau mentransaksikan berbagai valuta asing. Harga yang terbentuk di pasar valas ini merupakan hasil dari permintaan ( Demand ) dan penawaran ( Supply ) valas.

Perdagangan valas tidak harus dilakukan melalui bursa sebagaimana perdagangan saham dan futures, namun bisa dilakukan setiap saat melalui telpon atau jaringan elektronik lain. Dengan 24 jam sehari ( 5 hari seminggu ), perdagangan valas dimulai setiap hari dari Sydney , lalu kemudian bergerak ke seluruh pusat keuangan dunia di Tokyo, London, dan New York.

Saat ini, perdagangan valas boleh dikatakan sebagai “ the largest financial market “ di dunia, dengan rata-rata perputaran harian mencapai lebih dari US$1,5 Trilyun 30 kali lebih besar dibandingkan dengan transaksi pasar modal di seluruh Amerika. Uniknya, hanya 5% dari transaksi harian tersebut yang benar-benar dilakukan sebagai transaksi perdagangan barang dan jasa antar perusahaan atau negara. Selebihnya, lebih banyak dilakukan untuk berspekulasi mencari keuntungan.

Transaksi valas yang paling banyak dilakukan oleh para spekulan jatuh pada beberapa mata uang utama yang di sebut “ The Majors “ pada umumnya adalah Hard currency seperti Dollar Amerika ( USD ), Euro ( EUR ), Jepang ( JPY ), Poundsterling Inggris ( GBP ), Dollar Australia ( AUD ), Franc Swiss ( CHF), dan Dolar Canada ( CAD )


Kentungan Perdangan Valas antara lain :
24 Hours Trading
Tidak seperti pasar modal yang mengenal jam bursa, perdagangan valas dapat dilakukan 24 jam sehari, 5 hari seminggu, kapan dan dimanapun kita berada. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan ( dan juga kerugian ) tersedia 24 jam sehari lamanya.

Likuiditas

Banyaknya broker/ Dealer dalam pasar valas menjadikan pasar valas menjadi sangat likuid sekaligus bisa menjadikan harga jadi lebih stabil. Dengan begitu, Trader bisa membuka atau menutup posisi pada fair market price

Rendahnya biaya transaksi

Broker di pasar valas biasanya mengutip komisi yang relative sangat kecil dibandingkan dengan broker di pasar modal. Bahkan untuk beberapa trading yang dilakukan secara Online melalui internet tidak dikenakan biaya transaksi, namun hanya dikenakan biaya yang jumlahnya cukup beragam. Selain itu selisih ( spread ) antara harga beli ( bid ) dan harga jual ( ask ) juga sangat kecil

Margin Trading

Perdagangan dengan margin membuat daya beli pemodal ( trader ) melebihi jumlah modal yang dimiliki.

Berikut adalah beberapa contoh broker yang dapat di pakai untuk melakukan latihan trading ( DEMO ) atau Real Trading :


Marketiva ( bonus sign up $5 )

deposit minimal $ 1
metode pembayaran : liberty reserve, WebMoney, Wire Transfer, E-Dinar
margin : 1 : 100

EXNESS



deposit minimal $ 1
metode pembayaran : liberty reserve, WebMoney, Wire Transfer dll
margin 1 : 1000

0 komentar:

Posting Komentar